Wisata Alam Telaga Warna Dieng Wonosobo

wisata alam telaga warna

Wisata alam telaga warna merupakan salah satu tempat wisata populer di dieng dan banyak ramai di kunjungi wisatawan. Sesuai dengan namanya, telaga ini mempunyai warna yang bisa berubah-ubah. Terdapat 3 warna pokok dalam danau ini yaitu kuning, hijau dan pelangi.

Yang menyebabkan warna air bisa berubah-ubah adalah karena di danau tersebut mepunyai kandungan sulfur. Dengan kandungan sulfur yang ada pada danau tersebut membuat warna air pada telaga ini bisa berubah-ubah.

Air pada telaga ini akan berubah warna jika terkena sinar matahari atau ketika sedang hujan. Waktu terbaik untuk melihat keindahan danau ini adalah pagi hari. Pada saat pagi hari belum banyak kabut sehingga sinar matahari akan dengan mudah menyinari telaga dan akan menimbulkan pantulan warna yang cantik.

Telaga warna ini merupakan telaga terluas kedua di dataran tinggi dieng setelah telaga menjer. Dibanding dengan telaga lain yang ada di dieng seperti telaga pengilon dan telaga merdada, telaga warna lebih kami rekomendasikan untuk dikunjungi.

Menurut penduduk setempat, telaga warna ini terbentuk dari sebuah cerita legenda. Konon ceritanya telaga tersebut terbentuk dari sebuah tangisan penduduk kerajaan yang secara terus menerus hingga air matanya membanjiri wilayah tersebut.

Warga tersebut bersedih dan menangis karena sang putri kerajaan disaat ulang tahun menolak hadiah kalung pemberian ayahnya. Dan hingga akhirnya terbentuklah sebuah telaga warna yang indah.

Wisata Alam Telaga Warna

Alamat telaga warana terletak di Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi ini anda bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus jurusan wonosobo dieng. Selain menggunakan kendaraan umum anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Ketika anda berkunjung ke telaga warna anda juga bisa menikmati pemandangan telaga warna dari atas bukit. Tempat tersebut dinamakan batu pandang. Dari tempat tersebut anda bisa menikmati pemandangan telaga warna dari atas bukit.

Tidak hanya itu, puncak gunung sindoro pun bisa terlihat dari lokasi ini. Di tambah lagi dengan pamandangan pegunungan dieng yang bisa anda dinakmati disini. Banyak wisatawan yang memilih untuk menikmati telaga warna dari atas bukit karena memang pemandanganya yang luar biasa.

Di sebelah danau ini juga terdapat telaga pengilon yang mempunyai air yang sangat jernih. Nama pengilon ini diambil dari bahasa jawa yang artinya tempat untuk berkaca. Selain telaga pengilon dan batu ratapan angin, anda juga masih bisa menikmati goa semar. Gia semar ini lokasinya berada di tepi telaga warna.

Jika anda ingin mengunjungi wisata telaga warna ini anda cukup mengeluarkan biaya tiket masuk dan parkir saja. Untuk Harga tiket masuk telaga warna adalah 7.000 rupiah. Dan untuk harga tiket parkir adalah 2000 rupiah untuk kendaraan roda dan 5000 rupiah untuk kendaraan roda 4.