Wisata Alam Danau Toba Sumatera Utara

wisata alam danau toba

Wisata alam danau Toba merupakan satu dari sedikit wisata danau yang paling terkenal di Indonesia. Selain danau Toba memiliki keindahan alam yang memukau, tersimpan cerita legenda yang wajib untuk anda ketahui.

Wisata alam danau Toba  menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak. Sampai saat ini keindahan danau Toba tidak kalah dengan pemandangan alam yang lainnya. Hingga sekarang telah banyak wisatawan hingga wisatawan mancanegara sudah berkunjung ke danau Toba.

Di balik panorama keindahan dari danau Toba tersebut terselip sebuah cerita dongeng nusantara. Cerita danau Toba di mulai dari suatu lembah di Sumatra Utara dengan aktor utama si petani pekerja keras dan putri ikan ajaib.

Menurut informasi dari ahli ilmu Geologi bahwa kawah dari danau Toba terbentuk karena terjadi letusan gunung berapi jenis super vulkanik yang terjadi sekitar 77.000 tahun silam. Bahkan letusan tersebut tergolong maha dahsyat apabila dibandingkan dengan letusan gunung berapi lainnya.

Dipercaya ledakan tersebut mencapai ribuan kali letusan pada gunung berapi normal. Dampak ditimbulkan pun berpengaruh dengan iklim di seluruh dunia kala itu.

Cerita legenda danau Toba sudah tersebar dan di ketahui seluruh Indonesia. Saat ini danau Toba menjadi objek wisata populer di Indonesia, sebuah danau indah nan luas, dengan pemandangan yang eksotis, terdapat pulau Samosir di tengah danau Toba.

Keindahan Alam Dan Suasana Tenang

Bagi anda ingin menghabiskan liburan panjang atau pun hanya liburan pada akhir pekan, maka wisata alam danau Toba menjadi rekomendasi wisata yang tepat. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil bersantai dan rehat sementara dari penat nya dunia kerja serta interaksi sosial melelahkan. Ketenteraman semacam ini lah, hanya anda dapatkan dari danau Toba.

Udara Alam Yang Sejuk

Selain panorama alam memukau, di wisata danau tersebut anda akan merasakan udara alam yang sejuk dan tenang. Dengan begitu anda tidak perlu untuk jauh jauh rekreasi ke luar negeri bila hanya mencari suasana atau pun udara alam yang sejuk. Udara di sekitar wisata alam danau Toba tidak kalah dengan Eropa.

Panorama Alam

Bila anda memang ingin berlibur dengan melupakan sejenak masalah pekerjaan di kantor, maka wisata alam danau Toba ini memberikan sensasi yang tak terlupakan. Disana anda akan mendapati panorama keindahan alam seperti danau dan lereng lereng bukit yang indah.

Sekedar informasi saja, bahwa luas danau Toba ini sendiri mencapai 2 kali lipat luas negara Singapura. Lokasi berada di puncak gunung berapi raksasa yang telah aktif kisaran 75.000 tahu yang lalu menjadi panorama alam begitu indah.

Belum lagi, terdapat deretan gunung gunung sekeliling nya, serta arak arakan awan yang menghiasi di atasnya. Menjadikan danau Toba ini kian menakjubkan.

Masyarakat Danau Toba

Di danau Toba, pengunjung tak hanya melihat panorama keindahan alam menakjubkan. Tetapi andapun akan mendapati masyarakat Toba yang ramah dan bersahabat. Tradisi adat istiadat warga batak Toba akan membuat anda jatuh cinta. andapun dapat mendalami atau sekedar mengetahui tradisi disana dari sebagian warga asli Samosir.

Keindahan Wisata Alam Danau Toba

Terlihat hamparan luas sang danau legenda di Sumatera Utara ini memang tidak sama dengan danau pada umumnya, malahan danau ini menyerupai sebuah lautan biru mempesona.

Oleh karena itu pada akhirnya danau Toba dijadikan sebagai danau terluas dan terbesar di Asia Tenggara serta menjadi danau kedua terbesar kedua setelah danau Victoria di Afrika.

Untuk kedalaman danau Toba menjadi kan nya sebagai danau terdalam di dunia yang menurut administratif kedalamannya hingga 450 meter, sedangkan untuk panjang 100 kilometer dan lebar 30 meter.

Wisatawan pada umumnya berwisata kesana melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti pendakian gunung, berlayar mengarungi wisata danau Toba dengan menggunakan kapal layar, berenang, dan berkunjung ke pulau Samosir Sumatra Utara.

Walaupun telah lama dibuka untuk umum untuk menjadi destinasi wisata Sumatra Utara, pulau Samosir senantiasa dijaga keindahan alamnya yang masih jarang terjamah oleh manusia. Luas pulau Samosir hampir sama dengan luas negara tetangga yakni Singapura. Pulau Samosir kebanyakan dihuni oleh suku batak Samosir.

Pulau Samosir memiliki dua danau indah yakni dikenal dengan danau Sidihoni dan danau Aek Natonang. Di wilayah sekitar danau di pulau Samosir terdapat hutan-hutan pinus yang tertata dengan rapi di pinggiran pulau.

Tak hanya itu saja, disana pun ada panorama air terjun yang masih asri memukau. Bahkan sekarang di pinggiran wisata danau Toba terdapat pemandian air panas dengan air belerang yang konon bagus untuk menyembuhkan dan menyehatkan kulit.