Tujuan Wisata Wakatobi Sulawesi Tenggara

home wakatobi

Bagi Anda yang minat dengan desir ombak dan lautan nan cantik, Wakatobi adalah destinasi yang dapat menghadirkan pengalaman bahari yang menyenangkan. Anda dapat mengisi waktu liburan di Wakatobi dengan kegiatan-kegiatan seru seperti berenang, snorkeling, memancing, dan tentunya menikmati keindahan bawah laut dengan diving.

Tempat wisata Indonesia yang satu ini terdiri dari 141 pulau eksotis dengan empat pulau utama yakni Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Dengan keindahan kehidupan bawah lautnya, Wakatobi akrab dikenal sebagai oleh para penyelam kelas dunia.

Saat berada di sana, sempatkanlah berkunjung ke Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi, spot taman laut yang mempunyai beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh daerah Wakatobi.

Meskipun pesona bawah lautnya yang terkenal, Anda pun akan disajikan dengan seni dan budaya yang kaya, misalnya berbagai tarian seperti tarian perang suku Buton. Tinggal di Desa suku Bajo, yakni perumahan diatas laut juga akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Terletak di daerah yang jauh dari kota besar, bukan berarti Anda harus kesulitan mengunjungi destinasi yang terkenal seperti Pantai Seratus Mata Air atau Molii Sahatu dan Pantai Wakatobi ini. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang dapat membuat anda ingin tetap berada di Wakatobi.

Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi

taman laut wakatobi

Destinasi wisata Wakatobi pertama adalah taman laut nasional kepulauan Wakatobi. Memang tempat ini berbeda dari yang lainnya. Karena taman yang disuguhkan kepada pengunjung adalah taman laut yang begitu indah dan menarik.

Hal ini didukung dengan biota laut yang begitu cantik dan masih terjaga dengan baik. Sehingga, ketika berenang akan menjumpai beragam kekayaan laut itu. Tentunya menarik untuk dikunjungi. Selain itu, taman laut ini juga memiliki spot yang tepat untuk anda yang suka memancing, diving dan snorkeling.

Wisata Pantai Wakatobi Resort

pantai wakatobi resort

Destinasi wisata Wakatobi berikutnya berupa wisata pantai yang terkenal akan keindahannya. Tempat ini menyuguhkan panorama pantai yang menakjubkan sehingga sangat cocok untuk anda yang suka menyelam.

Didalamnya akan menemukan banyak terumbu karang yang begitu indah dan masih alami. Sehingga, tidak salah ketika menyelam akan merasakan sesuatu yang begitu mengagumkan.

Jangan khawatir bagi anda yang ingin menyelam. Karena di sana juga disediakan akan peralatan selam yang lengkap dan tentunya dijamin persoalan keamanan. Sebagai catatan bahwa anda dapat mengakses tempat ini dengan sangat mudah.

Moli Sahatu

moli sahatu

Destinasi wisata Wakatobi ini berjarak tidak jauh dari ibukota Wangi-wangi. Hanya sekiar 20 kilometer. Jarak yang begitu dekat ini akan membuat pengunjung tidak perlu membuang waktu lama dalam perjalanan.

Akses yang terjangkau juga menjadikan paket lengkap di lokasi wisata ini. Untuk itu, jangan khawatir merasa rugi ketika berkunjung karena panorama yang diberikan begitu membuat anda kagum.

Menariknya di pantai ini terdapat ratusan mata air, yang menjadikan pantai ini dikenal sebagai pantai seratus mata air. Kesegaran mata air ini akan dapat anda rasakan pada tangan anda. Di dekat pantai ini juga ada wisata lain yang berupa gua dan perkampungan suku Bajo.

Situs Benteng Keraton Liya Togo

situs benteng keraton liya togo

Destinasi wisata ini paling populer di Wakatobi. Sebuah bangunan bersejarah yang juga menyimpan peninggalan kebudayaan masyarakat terdahulu. Tempat ini semacam keraton yang akan membuat anda mengingat wisata keraton Yogyakarta ataupun Solo.

Bangunan cagar budaya ini dianggap paling terbaik dari 120 benteng yang dimiliki kesultanan Buton. Pengunjung akan dibuat kagum akan arsitekturnya dan kekayaan budaya masyarakat Wakatobi.

Pulau Anano Runduma

pulau anano runduma

Destinasi wisata Wakatobi selanjutnya berupa pulayu anano runduma. Pulau ini wajib untuk anda kunjungi ketika berlibur ke Wakatobi karena pulau ini akan menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu penangkaran penyu hijau.

Tentu akan dapat melihat penyu-penyu yang tergolong hewan langka dan dilindungi secara dekat dan nyata. Selain itu, jika beruntung akan melihat proses pelepasan penyu ke laut.. Pelepasan penyu inilah yang sering ditunggu oleh wisatawan lokal dan mancanegera.

Proses pelepasan penyu ini biasa dijadikan spot untuk berfoto. Bahkan para pengunjung juga bisa ikut melakukan pelepasan penyu. Ikut dalam melestarikan hewan langka yang indah itu.

Bagi anda yang membawa serta buah hati anda, ini akan menjadikan wisata edukasi yang begitu bernilai. Agar sang buah hati mengetahui berbagai kekayaan Indonesia dan tentunya mengetahui bagaimana cara merawat dan menjaganya.