Tempat Permandian Air Panas Desa Ciater, Bandung

Permandian Air Panas Ciater

Desa Ciater yang terletak di ibukota provinsi Jawa Barat, Bandung, merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal dengan tempat permandian air panasnya. Air panas ini sering menjadi daya tarik bagi para wisatawa lokal dan asing karena anda akan berkesempatan untuk berendam sekaligus menikmati kesejukan dan keindahan alam yang dimiliki oleh tempat wisata Ciater.

Air panas di tempat wisata ini dihasilkan dari zat sulfur atau belerang yang dihasilkan oleh gunung tangkuban perahu yang letaknya sangat dekat dengan kawasan wisata Ciater ini. Sebagai salah satu kawasan wisata yang terkenal, Ciater sudah menata kawasannya dengan rapih serta menyediakan fasilitas-fasilitas seperti penginapan bagi para wisatawan yang ingin menginap.

Sejarah dan Keistimewahan Pemandian Air Panas Ciater

Dulu kawasan objek wisata Pemandian Air Panas Ciater sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini merupakan hutan alami dan dianggap oleh warga sekitar merupakan hutan yang angker. Di dalam hutan tersebut banyak didapati pohon ater dan menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat sekitar, pernah terjadi suatu kejadian di mana ada seseorang yang mencoba memotong pohon ater tersebut dan ternyata setelah pohon ater tersebut di potong keluar aliran air yang cukup deras.

Fenomena tersebut menjadi anugerah bagi warga sekitar yang pada masa itu mengalami kesusahan untuk mendapatkan air bersih. Bahkan tidak sedikit warga yang percaya bahwa pancaran air yang keluar dari berkas pohon ater tersebut memiliki khasiat bisa mengobati beragam penyakit.

Namun ternyata keyakinan warga tersebut di perkuat dengan hasil penelitian oleh peneliti asal Belanda yang melakukan berbagi pengujian terhadap air tersebut dan hasilnya memang air tersebut memiliki khasiat.

Baru sekitar tahun 1960 ada salah satu tokoh masyarakat yang bernam Embah Eros membuka kawasan hutan rimba tersebut, di mana daerah yang tadinya dianggap angker diubah menjadi perkampuang yang padat penduduk dan diberi nama Ciater yang bearti air yang memancar. Dari situ lah nama Ciater berawal dan kini menjadi pepuler dengan tempat wisata pemandian air panasnya.

Beberapa tahun kemudia potensi air panas yang ada di Kecamatan Ciater mulai dimanfaatkan oleh pemerintahan Kabupaten Subang yang bekerja sama dengan dinas pekerjaan umum untuk memabangun sebuah wisata pemandian air panas yang kini kita kenal sebagai Pemandian Air Panas Ciater.

Pemandian Air Panas Ciater ini memiliki banyak sekali keistimewaan dan banyak sekali yang bisa anda rasakan ketika datang ke tempat wisata tersebut. Mulai dari pada saat perjalan menuju lokasi tempat wisata, di mana anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dan asri dengan hamparan hijau kebun teh di kanan kiri dan kesejukan udara khas pengunungan akan menambah rasa nyaman anda di sepanjang jalan menuju tempat pemandian ini.

Setelah sampai di tempat wisata ada banyak sekali penginapan yang di olah banyak pihak yang berbeda, tentu saja di dalam penginapan tersebut juga memiliki fasilita air hangat, dengan adanya fasilitas tersebut anda bisa berendam hingga puas tanpa perlu merasa malu dilihat oleh orang disekitar anda. Selain menikmati pemandian air panas, di tempat wisata ini anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun diselimut uap yang berasal dari uap air di sekitar kompleks Pemandian Air Panas Ciater.

Seperti yang suda kami jelaskan di atas tadi bahwa air panas yang ada di pemandian ini memiliki banyak khasiat, hal tersebut dibuktikan dengan uji coba secara klinis yang menghasilkan bahwa air panas di tempat wisata ini mengandung kalsium, mineral, magnesium, sufat dan cloride yang cukup tinggi. Air panas yang ada di pemandian ini berasal dari aliran mata air Ciater yang memiliki suhu sekitar 46 derajat celcius. Namun ketika sampai di area pemandian, suhu air tersebut menjadi hanya 37 derajat celsius, sehingga panasnya pas digunakan untuk berendam.

Banyak sekali manfaaat yang bisa kita dapatkan ketika berendam di pemandian air panas ini. Selain dapat menghilangkan penyakit kulit, air panas sari Ater ini bisa mengobati penyakit lainnya seperti rematik, darah tinggi dan bahkan stroke ringan bisa di sembuhkan dengan berendam di Pemandian Air Panas Ciater. Tentu saja khasiat air panas yang ada di pemandian ini dapat dirasakan jika anda rutin berendam di pemandian ini. Karena khasiat air panas Sari Ater ini, pihak pengelolah menyediakan fasilitas terapi pengobatan.

Lokasi dan Rute Pemandian Air Panas Ciater

Dikarenakan lokasi pemandina air panas ini dekat dengan kota Bandung, banyak sekali wisatawan yang mengatakan bahwa pemandian air panas ciater berada di Bandung. Padahal secara peraturan pembagian wilayah provinsi Jawa Barat, Kecamatan Ciater berada di Kabupaten Subang, sehingga otomatis pemandian air panas ciater ini berada di Kabupaten Subang bukan Bandung.

Ada rute yang bisa anda ambil ketika ingin berkunjung ke pemandian air panas ciater inin, di mana pemandian air panas ciater yang berada di kabupaten subang ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Selain itu perjalanan menuju ke tempak lokasi tidak akan membosankan, karena di sepanjang jalan nanti anda akan disuguhi pemandangan kebun teh yang hijau dan kesejukan udara pegunungan membuat perjalanan anda tidak akan terasa melelahkan.

Meskipun pemandian ini berada di kabupaten subang, namun jarak dari kota Bandung sangat dekat hanya sekitar 30 kilometer, untuk itulah bagi anda yang dari arah Bandung tidak perlu takut jauhnya lokasi. Bahkan jika anda yang saat ini berada di Lembang Bandung, maka anda hanya butuh 15 menit saja untuk bisa sampai ke pemandian air panas ciater ini. Karena dekatnya jarak tersebutlah banyak sekali warga Bandung yang menghabiskan waktu liburannya di pemandian air panas ciater ini, hanya untuk berendam di air panas untuk melepas capek yang mereka rasakan.

Sedangkan untuk anda yang berangkat dari Jakarta memiliki dua opsi rute untuk bisa sampai ke pemandian air panas ciater yang pertama melalui jalur puncak yang sejauh 212 Km atau melalui jalur tol cikampek bekasi yang hanya 185 Km anda sudah bisa sampai ke pemandian air panas ciater.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan umum dari kota Bandung, bisa menaiki angkot atau bis yang menuju terminal Ledeng. Dari situ anda bisa naik angkot lagi jurusan Ledeng – Lembang kemudian dari terminal Lembang ada bisa menaiki angkutan umum dengan jurusan Lembang – Subang, dari sini anda akan menempuh perjalanan sekitar 25 menit dan anda harus turun di jalan Cagak, Kecamatan Cianter dan anda telah sampai di lokasi pemandian air panas ciater.

Harga Tiket dan Jam Operasioanl Pemandian Air Panas Ciater

Udara dingin yang ada di sekitar Ciater membuat siapa saja ingin menghangarkan diri mereka dengan pergi kepemandian air panas ini. Namun sebelum anda bisa menikmati hangatnya berendam di Pemandian Air Panas Ciater, terlebih dahulu anda harus membayar tiket masuk yang sudah di tetapkan olah pihak pengelolah pemandian ini. Di mana untuk tikes masuk area pemandia anda arus membayar 22000 per orang, sedangkan untuk tiket masuk kolam air panas utama dikenakan biaya 88000 perorang dan untuk tiket masuk kolam pemadian sedehana anda dikenakan biaya sebesar 50000 perorang.

Fasilitas Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater merupakan pemandian air panas terbesar se Jawa Barat ini, di mana pemandian ini memiliki luas lahan hingga 30 hektar yang bisa menampung pengunjung sebanyak 6000 orang. Tentu saja sebagai pemandian terbesar membuat Pemandian Air Panas Ciater harus memiliki fasilitas yang dapat memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini. Berikut adalah daftar fasilitas yang dimiliki oleh Pemandian Air Panas Ciater ini.

  • Area Bersepeda : di mana para pengunjung bisa memijam sepeda yang bisa digunakan untuk berkeliling memutari area pemandia,
  • Berparahu : di dalam area pemandian terdapat sebuah sungai yang di lengkapi oleh perahu. Di mana selain anda bisa berkeliling menggunakan sepeda, anda juga bisa berkeliling menggunakan perahu.
  • Lapangan Olahraga : untuk para wisatawan yang ingin menginap beberapa hari di tempat ini dan ingin melakukan aktivitas olahraga, maka anda tidak perlu khawair. Karena Pemandian Air Panas Ciater ini memiliki fasilitar lapangan bola voli, lapangan tenis, golf dan bola basket yang bisa digunakan oleh seluruh para pengunjung.
  • Penginapan berupa hotel dan villa murah yang menyediakan pemandian air panas private.
  • Outbond : untuk anda yang datang bersama dengan keluarga atau orang terdekat anda, maka anda bisa mencoba fasilitas Outbond yang telah di sediakan oleh pihak pengelolah.
  • Fasilitas penunjang lainnya seperti Wc Umum, Parkiran dan Mushola semuanya ada di pemandian ini.