Taman Bunga Nusantara | Taman Bunga Terindah di Indonesia

taman bunga nusantara

Taman bunga nusantara merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat anda kunjungi di Jawa Barat dimana anda akan disajikan dengan panorama taman berbunga paling indah di Indonesia. Nuansa hijau dan indah akan memberikan kesan yang tenang dan sejuk sehingga sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata untuk keluarga. Jika anda memiliki anak yang senang bermain, taman bunga nusantara juga menyajikan berbagai wahana permainan yang akan mengisi hari liburan anak anda.

Sebagai tempat wisata yang memiliki panorama yang menawan, tempat ini memang dapat dijadikan sebagai salah satu tempat yang tepat untuk mengabadikan moment anda. Bahkan disini juga disediakan tempat makan bagi pengunjung yang lapar ataupun haus dan toko souvenir. Tidak hanya itu, fasilitas ATM juga tersedia jika anda membutuhkan dana tambahan saat berlibur.

Jenis bunga yang ada juga sangat beragam, mulai dari anggrek yang dibudidayakan di sana, teratai dari Amerika Selatan, lotus dari Asia Timur dan Australia, dan berbagai bunga lain yang didatangkan dari berbagai negara. Untuk pohonnya sendiri juga sama, ada berbagai varian pohon dan ada juga yang didatangkan dari negara lain.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara ini berada di kota Cianjur. Lebih tepatnya berada di Jalan Mariwati km 7, Desa Kawangluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Walau merupakan salah satu Tempat Wisata di Cianjur, namun lokasi wisata ini juga seringkali dianggap oleh wisatawan masih masuk ke kawasan Bogor karena Anda memang bisa menuju ke sana dari Jakarta maupun Bogor. Lokasi wisata ini juga masih dekat dengan objek wisata lain seperti Little Venice Kota Bunga Bogor dan Agrowisata Gunung Mas Bogor, sehingga cukup mudah untuk ditemukan.

Jenis Taman di Taman Bunga Nusantara

Taman Air

Jenis taman yang pertama adalah taman air. Taman air ini diisi oleh komponen taman yang sebagian besar adalah air dan tanaman air. Konsepnya mirip dengan taman air gaya Jepang, Perancis, Italia, dan juga Bali. Taman air ini juga didesain dengan sangat mempesona.

Tanaman air yang ada di sana antara lain bunga impor, seperti bunga jenis kana air yang berasal dari Amerika, bunga lotus yang berasal dari Australia dan Asia timur, dan juga bunga cyperus papyrus yang menyerupai juntaian rambut dari Mesir.

Satu spesies bunga air yang menarik adalah keberadaan tanaman teratai raksasa atau yang disebut dengan Victoria amazonica. Asal bunga ini juga dari Amerika Selatan. Tanaman ini akan membentuk seperti nampan, dan bunganya hanya akan mekar di pagi dan petang hari.

Taman Mawar

Selain taman air, di Taman Bunga Nusantara Cipanas juga ada taman mawar yang juga menarik untuk dinikmati wisatawan. Seperti namanya, taman mawar ini adalah taman yang sebagian besar bunganya adalah bunga jenis mawar dengan berbagai varian dan warna.

Jenis bunga mawar yang dimaksud adalah jenis bunga mawar yang juga didatangkan dari negara lain, yaotu China. Bunga mawar ini juga disebut sebagai Flos Florum. Artinya adalah bunga dari segala bunga. Dan terbukti, istilah ini memang hingga sekarang digunakan.

Bunga mawar yang bisa beradaptasi dengan 4 musim membuat banyak orang menanamnya di berbagai belahan dunia. Sehingga bunga ini juga terbilang ada di semua negara dan bisa mekar di cuaca apapun. Selain itu bunga mawar juga sering dijadikan bunga untuk diberikan kepada orang lain.

Taman Perancis

Taman Perancis adalah nama dari sebuah taman di Taman Bunga Nusantara yang meniru konsep taman bunga di negara tersebut. Perancis di Eropa memang terkenal dengan tatanan taman masa Renaisance yang menarik dengan perpaduan geometris yang mendominasi.

Di Taman Perancis ini, taman memang didesain dengan bentukan geometris yang teratur, yaitu dari bentukan perdu yang ditata secara cantik dan membentuk bingkai untuk bunga-bunga yang ada di sana.

Taman bunga Perancis ini sangat menawan dan cocok untuk Anda yang suka akan keteraturan. Ada juga air mancur kecil di tengahnya yang cocok untuk Anda berfoto-foto. Tertarik untuk datang ke sini?

Taman Rahasia

Disebut dengan Taman Rahasia, karena memang saat wisatawan masuk ke sana, pintu keluarnya akan terlihat rahasia sehingga perlu dicari-cari. Taman ini juga sering disebut sebagai Taman Labirin, seperti Taman Labirin di kawasan Wisata Coban Rondo Malang Jawa Timur.

Anda akan melihat labirin yang terbuat dari tanaman perdu dengan jalur yang dirahasiakan. Dan sudah tugas Anda untuk menemukan pintu keluarnya. Taman labirin ini dikonsep dengan sederhana namun menarik. Bentuk labirin mengambil konsep dari leghenda Minotaur yang dirancang pada masa kekuasaan Raja Minos di Mesir.

Taman Mediterania

Ada lagi jenis Taman di Taman Bunga Nusantara yaitu Taman Mediterania. Taman ini dirancang untuk mengenalkan masyarakat mengenai kawasan Mediterania seperti kawasan gurun. Sehingga tanaman yang berada di sana kebanyakan adalah tanaman gurun.

Kawasan taman ini meniru negara-negara yang memiliki gurun atau memiliki cuaca kering seperti Spanyol, Yunani, Italia, dan Portugis. Seperti yang dijelaskan di atas, tanaman yang ditanam adalah tanaman kering seperto kaktus dan yucca.

Taman ini juga memiliki bangunan khas Mediterania untuk melindungi kaktus yang ada di dalamnya, yaitu dnegan bentukan atap kaca, alias rumah kaca. Lokasi ini juga cocok untuk berfoto-foto para wisatawan.

Taman Palem

Seperti namanya, salah satu taman di Taman Bunga Nusantara Cipanas adalah Taman Palem yang menyimpan berbagai macam jenis tanaman palem. Pohon-pohon palem ini ditanam dalam jumlah besar dan mencakup berbagai jenis palem yang cukup lengkap.

Koleksi pohon palem di taman bunga ini sendiri mencapai 100 varietas dari berbagai negara di dunia. Ada jenis pohon palem kipas dari Meksiko yang terkenal sebagai tanaman hias. Ada juga jenis pohon palem screw pine yang berasal dari Madagascar. Ada juga jenis pohon palem dari Afrika.

Semua pohon palem di taman bunga ini ditanam dan ditata dengan cara yang baik. Palem-palem ini akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai berbagai jenis pohon hias Palem yang bisa jadi menarik untuk ditanam di pekarangan rumah.

Harga Tiket Masuk

Untuk berwisata di Taman Bunga Nusantara sendiri harga tiketnya terbilang cukup mahal, namun tetap terjangkau. Jika Anda masih ingin berwisata di kawasan tersebut dan ingin menginap, Anda bisa mencari Resort di Puncak Bogor karena memang lebih dekat ke objek wisata lainnya di kawasan tersebut. Berikut rincian harga tiket di taman bunga ini.

  • HTM untuk 4 tahun ke atas Rp 30.000
  • Parkir motor Rp 5.000
  • Parkir mobil Rp 10.000
  • Parkir minibus Rp 15.000
  • Parkir bus Rp 20.000
  • Tiket Dotto Trains Rp 40.000
  • Tiket Garden Tram Rp 40.000
  • Tiket Wara Wiri Rp 5.000
  • Tiket Rumah Kaca Rp 2.000
  • Tiket Maze Garden Rp 1.000