Ryogoku Kokugikan – Tempat Lahirnya Olahraga Sumo

ryogoku kokugikan

Jika sebelumnya kita sudah mencoba untuk mengenal asal usul keberadaan samurai di negeri Jepang, kali ini kita akan membahas tentang keberadaan sumo. Sumo adalah olahraga yang hanya bisa kalian temukan di negeri sakura ini. Berdasarkan sejarahnya, olahraga sumo sudah ada sejak akhir tahun 1600-an.

Ryōgoku Kokugikan (Ryougoku Sumo Hall) atau Stadion Sumo adalah tempat pelaksanaan kejuaraan nasional Sumo yang biasanya diselenggarakan pada bulan Januari, Mei, dan September. Namun ketika kalian berkunjung saat tidak ada kejuaraan, kalian juga bisa melihat para pesumo pemula belajar atau melakukan tanding (sparring) di sini.

Melihat Pertandingan Sumo yang terkenal

sumo

Stadion Sumo ini letaknya persis di belakang museum Edo Tokyo, dan menghadap langsung ke arah sungai Sumida. Stadion Sumo ini bisa menampung lebih dari 11.000 penonton pertandingan loh. Bentuknya seperti ring tinju, di mana kursi-kursi penonton dibuat mengelilingi arena pertandingan.

Namun, karena ini adalah sumo, arena pertandingannya dibuat dari dohyo (campuran tanah, pasir, dan sedikit tanah liat). Nanti para pegulat sumo akan bertanding dia arena dan berusaha melemparkan (mengeluarkan) lawannya dari area pertandingan. Sayangnya akhir Juni kemarin sedang tidak ada pertandingan, jadinya suasana stadion cukup sepi.

Di bulan Januari, Mei, atau September, teman-teman bisa ikut serta dalam Tur Menonton Pertandingan Sumo. Di mana kita tidak perlu repot-repot mencari tiket atau transportasi menuju Stadion Sumo. Merasakan suasana riuh lebih dari 11.000 orang yang berteriak saat pertandingan tentu jadi pengalaman yang tidak terlupakan di sini.

Stadion Sumo ini serbaguna juga loh. Atapnya bisa dibuka tutup secara otomatis. Jadi acara seperti konser atau festival budaya bisa diselenggarakan juga di Stadion Sumo ini.

Nah, buat teman-teman yang ingin mengikuti Tur Pagi Hari mengenal olahraga sumo sekaligus melihat langsung para pesumo berlatih, bisa langsung memesan Paket Tour Sumo di Tokyo secara online (kerjasama Infojepang dengan Govoyagin).

Mengunjungi Museum Sumo

Kita bisa mengunjungi Museum Sumo yang berada di dalam bangunan Stadion. Dalam museum ini, kita bisa melihat beberapa foto-foto pertandingan sumo bersejarah di masa lalu, maupun para pesumo terkenal Jepang dari masa ke masa.

Kita juga bisa belajar mengenai sejarah olahraga Sumo yang erat dengan kehidupan dan budaya Jepang. Tidak ada tanggal pasti sumo mulai dikenal maupun dipertandingkan, namun beberapa sejarah kuno menyebutkan bahwa sumo awalnya dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Kami (Roh atau Dewa Shinto).

Melihat Para Pesumo Berlatih

Di sisi selatan Stadion Sumo, kita bisa melihat sasana para pesumo. Sasana ini terdiri dari tempat latihan, asrama, dan sekolah bagi para pesumo muda. Sebagai olahraga nasional, pemerintah Jepang memberikan fasilitas dan beasiswa yang cukup besar bagi para pesumo muda. Para pelatih biasanya adalah pesumo yang sudah pensiun. Mereka dijadikan pelatih untuk terus mengajarkan teknik bermain dan pengalaman. Meskipun badannya besar-besar, mereka selalu tersenyum saat kita menyapa atau melihat orang-orang yang berkunjung. Jika ingin mencari oleh-oleh bernuansa sumo, kita juga bisa mengunjungi toko oleh-oleh di samping stadion.

Akses Menuju Stadion Sumo (Ryougoku)

Dari Stasiun Tokyo,kita bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Akihabara. Di Akihabara, kita berpindah ke kereta JR Sobu Line dan turun di Stasiun Ryogoku. Lama perjalanan sekitar 8-10 menit dengan ongkos tiket seharga 160 yen.

Kalau teman-teman dari Stasiun Shinjuku, bisa naik kereta JR Sobu Line dan turun di Stasiun Ryogoku. Lama perjalanan sekitar 20-25 menit dengan ongkos tiket seharga 220 yen.

Dari pintu keluar Stasiun Ryogoku, kita tinggal berjalan kaki ke arah utara sekitar 5 menit sampai Stadion Sumo.