Petik Apel Malang | Tempat Wisata Kebun Apel Di Jawa Timur

petik apel malang

Kota Batu, Malang, Jawa Timur, memang merupakan kota yang sangat terkenal dengan tempat wisatanya yang menyajikan keindahan alam, sejarah, dan edukasi untuk setiap orang yang datang berkunjung.  Di salah satu tempat wisata kota batu ini, anda dapat melakukan hal yang tidak biasa, yaitu memetik buah apel langsung dari pohonnya. Tempat wisata ini terletak di Jalan Pangeran Diponegoro No 24, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Selain desa tersebut ada juga di Desa Madiredo Kecamatan Pujon dan Gubuk Klakah Kecamatan Tumpang di Malang yang juga tak kalah terkenalnya. Banyak sekali tempat wisata petik apel yang ditawarkan di tempat ini, beberapa contoh diantaranya adalah Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA), Wisata Petik Apel Mandiri, Kusuma Agrowisata Petik Apel dan Kebun Bunga, Wisata Petik Apel Agro Rakyat.

Dari semua tempat yang ada dan dijadikan tempat wisata petik apel, kamu bisa memanen buah ini dengan sepuasnya. Bahkan kamu bisa makan langsung di kebunnya. Buah apel yang di sini tentu saje memiliki kualitas yang sangat baik karena dijaga dan dirawat dengan baik oleh petani setempat. Apel di kota Batu sendiri terkenal dengan rasa yang manis jadi dijamin kamu tidak akan merasa rugi dan menyesal setelah datang dari sini.

Selain dapat merasakan langsung nikmatnya memakan buah apel langsung dari pohonnya. Di tempat wisata ini juga memiliki beberapa spot yang bagus untuk dijadikan pengambilan gambar atau foto. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang pohon apel dengan buah yang sangat banyak tentu saja menambah keindahan dan bagusnya foto. Kemudian jangan lupa untuk diupload di social media yang kamu miliki ya. Beberapa sumber laporan mengatakan bahwa banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat sini sangat senang dan puas.

Buah apel yang ada di kota batu memang terkenal dengan kualitas yang sangat bagus. Setiap hari mengalami perawatan yang baik. Seperti terlihat digambar bahwa satu pohon bisa menghasilkan banyak sekali buah apel hingga berwarna merah

Selain itu ada juga fasilitas lain yang bisa kamu rasakan di Wisata Petik Apel Batu ini. Ada permainan outbond yang akan menguji adrenalin kamu seperti Flying Fox, ATV, Fun Fishing, Paintball Combat dan masih banyak lagi lainnya. Untuk dapat naik ke permainan ini kamu perlu membeli tiket lagi karena ini tidak termasuk di dalam karcis masuk. Tiket yang diberikan juga relatif bersahabat di kantong dibandingkan dengan rasa senang dan puas saat bermain.

Bahkan selain bermain outbond di Wisata Petik Apel ini ada juga yang menjual produk lainnya seperti keripik buah apel dan minuman buah apel. Produk ini tentu saja berasal dari daerah setempat dengan memanfaatkan UKM yang ada di kota Batu. Jadi selain buah apel diperuntukkan bagi para wisatawan, biasanya juga dipanen untuk dijadikan produk lain. Bahkan kamu bisa menemui keripik buah lainnya selain apel yaitu nangka, salak, semangka, buah naga dan yang lainnya.

Sebetulnya, Wisata Petik Apel ini tidak hanya ada di kota Batu. Di Jawa Timur kamu bisa menemui Wisata Petik Apel lainnya di Kabupaten Pasuruan, letak tempat wisata itu tepatnya berada di Nongkojajar dan juga di Desa Wonosari Kecamatan Tutur. Jadi jika ingin datang selain di kota Batu maka di Pasuruan ini juga dapat dijadikan rekomendasi untuk kamu. Tentu saja tidak kalah indah dengan Wisata Petik Apel lainnya.

Rute dan Jalan Menuju Wisata Petik Apel

Buah apel yang ada di kebun ini memiliki perawatan yang sangat baik. Setiap hari selalu dirawat dan beri vitamin agar mengahasilkan buah apel yang baik dan tentu tidak mengecewakan para pengunjung

Untuk dapat sampai ke Wisata Petik Apel di Batu ini cukup mudah. Kamu bisa menggunakan jalur darat maupun udara bagi pengunjung luar Jawa Timur karena di Kota Malang juga tersedia bandara udara dari berbagai kota di Indonesia. Nama Bandara Udara di Malang yaitu Abdurahman Saleh yang bisa kamu lanjutkan menggunakan taksi menuju tempat wisata.

Alternatif lain yang bisa dilalui adalah dengan jalur darat. Banyak sekali cara yang bisa kamu lalui yaitu dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Pastinya akan lebih mudah jika kamu menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menyewa motor dan mobil. Karena di Malang sendiri sudah banyak tempat jasa persewaan kendaraan.

Nah mari kita bahas satu persatu agar kamu tidak merasa kesulitan ya. Jika kamu berangkat dari Surabaya, maka satu-satunya cara adalah melewati Kabupaten Pasuruan yang kemudian akan sampai di Singosari kemudian melintas daerah yang memiliki nama Karanglo. Di pertigaan Karanglo kamu ambil belokan ke kanan lalu murus saja mengikuti jalan besar maka akan sampai ke Kota Batu. Ini jika kamu menggunakan kendaraan pribadi ya.

Jika kamu masih merasa kebingungan maka bisa menggunakan GPS atau peta online yang bisa diakses melalui smarthphone dengan aplikasi Google Maps. Langsung saja kamu klik titik koordinat yang sudah kami berikan diatas maka secara otomatis akan memberikan petunjuk jalan ke Wisata Petik Apel. Selain itu banyak juga papan petunjuk jalan di beberapa titik untuk memudahkan para pengunjung yang akan berlibur ke Kota Batu.

Untuk kamu yang akan menggunakan transportasi umum seperti Bus, maka  harus turun di Terminal Arjosari. Berbeda dengan kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, kalau menggunakan angkutan umum ini nantinya akan melewati Kota Malang. Kamu bisa menggunakan angkot ADL yang nanti turun di Terminal Landungsari. Nah, dari Lansungsari nanti lanjutkan turun di Kota Batu dengan melewati Sengkaling, Selecta kemudian Alun-alun.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Wisata Petik Apel

Untuk Jam buka di Wisata Petik Apel Batu ini dibuka mulai pagi hari hingga sore. Tepatnya pada pukul 7 pagi hingga 5 sore. Tentu saja waktu itu sudah sangat cukup untuk kamu yang akan menghabiskan liburan di sini. Sedangkan harga tiket masuknya di tahun 2018 saat ini cukup murah yaitu sekitar 30 ribu hingga 50 ribu rupiah per orangnya, hanya saja jika kamu ingin merasakan buah apel yang ada di kebunnya maka harus membeli harga paket. Dengan harga paket yang ditawarkan maka kamu bisa membawa pulang buah apel yang dipetik sendiri di kebun ini.

Harga paket ini bisa berubah sewaktu-waktu bahkan saat musim liburan tiba dan masa panen raya. Jadi lebih baik kamu memesan tempat dulu dan bertanya apakah saat kamu datang nanti apel yang ada di kebun ini siap untuk di panen atau tidak.