Patung Buddha Besar Kamakura Jepang

patung buddha kamakura

Saat berwisata di Jepang, Kamakura menjadi salah satu spot yang harus dikunjungi. Disana terdapat Balai Besar Buddha Kamakura Kotokuin (patung Buddha Kamakura).

Patung Buddha Kamakura termasuk sebagai salah satu daftar patung daibutsu yang dalam bahasa Indonesia berarti patung buddha besar. Dibangun pada tahun 745 Masehi di kuil Todaiji.

Namun setelah itu, barulah di beberapa daerah dibuat patung daibutsu sebagai bentuk permohonan kebahagiaan.

Patung Buddha Kamakura sama dengan patung Buddha Nara, dijuluki sebagai 3 besar patung Buddha Jepang dan mewakili dari seluruh patung Buddha yang ada di Jepang.

Hal-Hal Kecil Tentang Patung Buddha Kamakura

Tinggi duduknya sekitar 11.4 m. Lebih tinggi dibandingkan bangunan apartemen 4 lantai. Beratnya sekitar 121 ton. Sangat berat, hampir setara dengan 12 truk. Anda dapat mengetahuinya saat melihat secara langsung di depan mata karena patungnya yang besar maka kelihatannya seperti sangat berat.

Akan tetapi kalau dilihat dari samping, mengapa seperti membungkuk? Untuk sedikit bersantai dari sikap sempurna. Karena posisi duduk patung Buddha Kamakura yang membungkuk dan duduknya terlihat santai, tidak seperti patung Buddha yang lainnya maka Kamakura beda dengan kota lainnya.

Masuk ke Dalam Patung Buddha Kamakura!

Hal-hal yang bisa dilakukan oleh patung Buddha Kamakura bukan patung Buddha yang terkenal di Kuil Todaiji di Kabupaten Nara. Akan tetapi juga terkenal dengan “masuk ke dalam patung Buddha” itu. Hanya dengan 20 Yen!

Pengalaman berharga yang tidak bisa didapatkan di mana-mana adalah “masuk ke dalam pusaka negara”. Saat melihat ke bagian dalamnya, Anda dapat mengetahui pembuatan patung seluruhnya menggunakan bahan perunggu. Lumayan tinggi ketika Anda melihat ke atas. Akan tetapi ketika masuk ke dalam, Anda akan merasakan seluruh tingginya patung Buddha Kamakura 11,4 m, sangat tinggi dan luas.

Oleh-Oleh dan Informasi Wisata

Oleh-oleh patung Buddha Kamakura biasa disebut “miniatur patung Buddha”. Anda dapat membelinya di dalam toko. Menurut tamu wisatawan yang ada di sini, ada negara yang membanggakan besar kepopuleran ini. Negara itu adalah “Myanmar”.

Meskipun tidak jelas secara rincinya, kabarnya ada cerita “dengan memberikan oleh-oleh patung Buddha Kamakura kepada keluarga dan teman, mereka yang menerima oleh-oleh tersebut dapat pergi ke Jepang”. Betul atau tidaknya belum diketahui, tetapi patung Buddha Kamakura ini membawa cerita seperti itu juga. Berharap juga nih dari oleh-oleh!

Berikut ini adalah informasi lengkap tempat wisata patung Buddha Kamakura yang akan kalian perlukan jika memutuskan untuk berkunjung kesana.

  • Alamat: 4 Chome-2-28 Hase, Kamakura-shi, Kanagawa-ken 248-0016, Jepang
  • Jam buka:
    • 8.00 – 17.30 untuk bulan April – September
    • 8.00 – 17.00 untuk bulan Oktober – Maret
    • Jam buka untuk masuk ke dalam patung: 8.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Dewasa 200 Yen, Anak-anak 100 Yen
  • Tiket masuk ke dalam patung: 20 Yen
  • Akses:
    1. Berjalan kaki sekitar 7 menit dari Jalur Enoshima Railway, Stasiun Hase
    2. Naik bus Enoshima Railway dari halte 1 di terminal pintu timur Stasiun Kamakura atau naik bus Keihin Kyuko dari halte 6 dan turun di halte Daibutsumae
    3. Berjalan kaki sekitar 30 menit dari Stasiun Kamakura