Patung Buddha 4 Wajah dan 8 Tangan di Surabaya

patung budda 4 kepala

Patung 4 wajah dan 8 tangan yang terdapat di Surabaya, Jawa Timur merupakan salah satu dari 5 patung Buddha di Indonesia yang banyak menarik perhatian para traveler, baik dari dalam negeri ataupun mancanegara. Keempat patung buddha lainnya terdapat di Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, Vihara Dhammadipa Arama di Malang, Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong di Semarang, dan Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat di Bogor.

Patung Buddha ini terletak di kawasan pantai Rian Kenjeran yang berjarak hanya sekitar 9 km dari kota Surabaya. Anda dapat menemukan patung ini dengan mudah, karena arsitekturnya yang tinggi dan berada dekat dengan Kelenteng Sanggar Agung. Ketinggian patung ini dari dasar hingga puncak kubahnya mencapai 36 meter dan berwarna emas. Patung ini diresmikan pada bulan November 2004.

4 Wajah patung Budhha ini melambangkan sifat kebaikan sang Buddha, yaitu murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. 8 Tangannya melambangkan kekuatan Buddha dan memegang benda-benda yang berbeda. Ada yang memegang tasbih, tongkat kebesaran, cakram, cupu berisi air suci, kitab suci, kerang, dan teratai. Satu tangan kanannya pun memegang dada.

Ukuran-ukuran patungnya mengandung angka 9, seperti panjang sisi alasnya dan tinggi patung Buddha. Angka 9 tersebut merupakan angka tunggal tertinggi, sekaligus sebagai lambang kesempurnaan.

Suasana yang asri akan menemani Anda saat melihat patung Buddha 4 wajah dari dekat. Di sekitarnya, terdapat taman-taman yang dipenuhi pepohonan yang rindang. Selain itu, ada juga patung gajah dan ruang meditasi di sekitar patung ini yang dapat digunakan untuk beribadah.

Tahukah Anda, ternyata patung Budha 4 wajah di Surabaya mirip dengan patung Thao Maha Brahma atau disebut Tao Maha Phrom di Altar Erawan, Bangkok, Thailand. Tak heran, beberapa umat Buddha sering berdoa di dekat patung ini.

Wisatawan dapat melihat patung ini dari dekat. Anda diperbolehkan memotretnya atau berpose dengan patung Buddha 4 wajah sebagai latarnya. Ingat, jaga perilaku Anda dan hormati umat Buddha yang sedang beribadah di sekitarnya. Yuk, jalan-jalan ke Surabaya!