Kastil Himeji – Satu Dari Tiga Kastil Terindah di Jepang

kastil himeji

Kastil Himeji merupakan salah satu dari 3 kastil terindah yang terdapat di jepang, 2 kastil lainnya adalah Kastil Matsumoto dan Kastil Kumamoto. Yang sangat menarik dari Kastil Himeji adalah walaupun sudah puluhan tahun, Kastil ini belum mengalami pemugaran sama sekali.

Ciri khas yang dimiliki oleh Kastil Himeji adalah dindingnya yang berwarna putih dan berbentuk seperti bangau yang ingin terbang. Dari ciri khas tersebut, Kastil Himeji mendapatkan julukan sebagai kastil “White Heron” atau yang berarti “Bangau Putih”.

Lokasi Himeji bisa dibilang amat strategis dalam wilayah Jepang, karena lokasinya terletak di antara Kyoto di timur sebagai pusat pemerintahan dan wilayah barat yakni Hiroshima, Yamaguchi, dan Fukuoka.

Kastil ini juga bertahan dari ledakan bom saat perang dunia kedua dan gempa besar Kobe di tahun 1995. Kini, ada lebih dari 10 ribu pengunjung kastil ini setiap harinya, menjadikannya sebagai objek wisata utama Jepang selain Gunung Fuji dan arena taman bermain Tokyo Disneyland, DisneySea, atau Universal Studio Osaka.

Pada tahun 1600-1609, Tokugawa Ieyasu memperbesar dan memperkuat kastil yang dibangun oleh Akamatsu Norimura tahun 1333. Dia menambah bangunan menara penjaga dan juga parit di sekeliling kastil untuk menahan serangan. Total ada 83 bangunan (termasuk gudang senjata, perlengkapan perang, bahan makanan, lorong atau koridor, gerbang penjaga, dan ruang pertemuan) yang saling terkoneksi dengan jalan dan gerbang penjaga.

Kita bisa berkeliling kompleks kastil dimulai dari pintu gerbang Otemon, dan langsung disambut dengan kebun istana Sannomaru dengan ratusan pohon bunga sakura. Nah, di sinilah tempat yang saya katakan tadi, lokasi favorit penduduk untuk hanami bersama di Himeji. Oiya, untuk berkeliling sampai kebun istana ini kita tidak dikenakan biaya ya, alias gratis.

Area berbayar baru dimulai dari pintu gerbang Hishi, yang lokasinya di ujung taman Sannomaru. Biaya masuknya 1000 yen untuk dewasa dan 300 yen untuk anak-anak. Setelah membeli tiket masuk, kita akan melalui beberapa lapis gerbang penjaga yang masih kokoh berdiri.

Memang tidak salah kalau kastil ini terkenal dengan pertahanannya, apalagi jika membayangkan setiap lapisan gerbang ini dijaga oleh pasukan penombak dan lubang pemanah yang siap menjatuhkan musuh bahkan sebelum mereka mendekat. Di balik pintu gerbang juga kita bisa melihat ruangan-ruangan tersembunyi di mana para ninja biasanya ditempatkan untuk menyerang musuh dari belakang.

Setelah itu, kita akan melihat bangunan utama kastil. Bangunan enam lantai yang mayoritas dibangun dari bahan kayu dan masih kuat berdiri selama ratusan tahun. Kita bisa masuk ke dalam kastil dan naik ke lantai-lantai atasnya dengan menggunakan tangga. Di lantai paling atas, kita bisa menemukan kuil Shinto kecil dengan pemandangan ke arah Kota Himeji. Sungguh indah!

Selain taman Sannomaru, kita juga bisa mengunjungi taman Nishinomaru. Taman ini dulu adalah taman pribadi keluarga penguasa Tokugawa. Taman ini juga dipenuhi dengan pohon bunga sakura. Waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati hanami di Kastil Himeji sekitar awal April. Selain itu, kita juga bisa menikmati pemandangan musim gugur (momiji) yang tidak kalah keren.

Akses ke Kastil Himeji

Kastil Himeji terletak sekitar 1 kilometer dari Stasiun Himeji, dan bisa ditempuh dengan 20 menit berjalan kaki dari stasiun. Kalau teman-teman tidak mau berjalan kaki, tersedia juga bus dari Stasiun Himeji selama 5 menit dengan ongkos 100 yen.

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta Shinkansen Nozomi/ Hikari/ Kodama/ Sakura. Lama perjalanan sekitar 45 menit (Nozomi) dan 55 menit (kereta Hikari/ Kodama/ Sakura) dengan harga tiket 4.750 yen. Selain itu, tersedia juga kereta biasa JR dengan lama perjalanan 95 menit dengan harga tiket 2.270 yen.

Dari Stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik kereta Shinkansen Nozomi/ Hikari/ Kodama/ Sakura. Lama perjalanan sekitar 35 menit (Nozomi) dan 45 menit (kereta Hikari/ Kodama/ Sakura) dengan harga tiket 3.220 yen. Selain itu, tersedia juga kereta biasa JR dengan lama perjalanan 70 menit dengan harga tiket 1.490 yen.

Jika ingin berkunjung ke Himeji dari Kyoto atau Osaka, akan lebih menguntungkan jika menggunakan Kansai Pass 1 hari seharga 2.300 yen yang mencakup perjalanan kereta Shinkansen Hikari maupun kereta biasa.