Kalibiru Kulon Progo | Wisata Alam Yogyakarta

Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Wisata Kalibiru terletak di Kabupaten Kulonprogo yang selama ini tidak terlalu terkenal memiliki banyak lokawisata yang terkenal di kalangan wisatawan. Namun, sejak dibukanya Kalibiru sebagai tempat wisata, kini sudah makin banyak orang yang mengunjunginya. Lokasi tepatnya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap yang masuk dalam kawasan Hutan Kemasyarakatan Kalibiru dan wilayah Perbukitan Menoreh.

Wisata Kalibiru kulon progo jogja menjadi salah satu tujuan wisata yang menghadirkan keindahan alam hijau kawasan pegunungan. Bila kamu bosan berkunjung ke tempat yang itu-itu saja, tempat yang satu ini memang bisa menjadi alternatif yang tidak akan mengecewakan. Ada sejuta pesona yang dihadirkan, tempat ini dijamin akan memukau bagi kamu.

Harga Tiket Masuk Kalibiru Jogja

Begitu sampai, kamu akan disapa oleh hijaunya pepohonan dengan udara bersih yang sejuk. Telah tersedia area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan sehingga tidak perlu bingung menempatkan kendaraan. Saat memasuki wisata Kalibiru kulonprogo jogja, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Tempat wisata ini telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena memang dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Tersedia berbagai warung makan yang dapat dijadikan tempat untuk mengisi perut sebelum memulai petualangan.

Selain itu, ada juga penginapan yang disediakan di berbagai home stay yang terletak tidak jauh, serta fasilitas camping ground dan outbond yang bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu.

Abadikan Foto Keren di Gardu Pkamung Kalibiru Jogja

Saat melakukan kunjungan, wajib untuk datang ke menara atas pohon yang tersedia. Menara tersebut memang menjadi daya tarik utama yang paling diburu oleh wisatawan.

Bagaimana tidak, tempat ini menyajikan pemkamungan alam dari ketinggian yang mempertunjukkan hijaunya pepohonan dari perbukitan yang berjajar. Luasnya Waduk Sermo yang bisa terlihat di kejauhan menambah cantik pemkamungan kalibiru.

Selain itu, kamu bisa berfoto untuk mengabadikan momen di atas ketinggian dengan latar seluruh keindahan tersebut. Untuk dapat mengambil foto biasanya dikenai biaya sebesar Rp 10.000. Dijamin perasaan takjub akan membuat betah berlama-lama di wisata Kalibiru jogja.

Tempat Wisata Lainnya Di Kawasan Kalibiru

Jembatan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo

Ada banyak tempat seru yang ada di Kulon Progo. Jembatan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo salah satunya. Yang paling diminati dari objek wisata ini adalah suasana sejuk dan ademnya karena dipenuhi dengan hutan Mangrove.

Letak objek wisata ini berada di Kulon Progo. Terpatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Jika kamu berangkat dari kota Yogyakarta, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa motor atau mobil.

Ayunan Langit Watu Jaran Giri Mulyo

Termasuk salah satu Wisata Terbaru di Kulonprogo 2017 yang baru hits. Ini bukan ayunan sembarangan. Jika kamu duduk di ayunan ini kamu akan berada di pinggir tebing. Kakimu bakalan berada di udara, tidak tanggung-tanggung sampai puluhan meter.

Tidak usah takut atau ngeri untuk menaikinya, Tapi bagi kamu yang tertantang, tenang saja dijamin walaupun kamu berayun di antara langit dengan ayunan ini. Kamu tetap aman. Soalnya, keamanan permainan ini sangat terjamin. Ayunan yang dibuat dari baja tentu tidak akan patah jika kamu naiki.

Berfoto di Bukit Pule Payung Kulonprogo

Pasti pernah lihat foto tempat wisata di kulonprogo ini di feed instagram kamu, namanya Bukit Pule Payung. Berada di ketinggian 700 mdpl, Pule Payung menawarkan kesejukan dan kenyamanan liburan. Kamu bisa memkamung hijaunya pepohonan dan udara yang besih. Serta angin sepoi-sepoi yang segar.

Saingan dari Kali Biru ini, lokasinya juga tidak jauh dari Kali Biru. Lokasinya terletak di Dusun Saropati Desa Hargotirto Kecamatan Kokak Kabupaten Kulon Progo. Karena lokasi Pule Payung juga sejalur dengan Tebing Gunung Gajah.

Bukit Cendana Kulonprogo

Tempat wisata sekitar kalibiru ini sangat pas kamu kunjungi pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari menjelang senja, tentu saja panorama sunrise sunset dari perbukitan menoreh menjadi spot yang paling di tunggu tunggu untuk mengabadikannya.

Bukit cendana kulon progo yang berlokasi di Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap. Wisata ini menyuguhkan panorama alam yang indah dan eksotik dengan paduan hamparan Waduk Sermo. Karena lokasi Bukit Cendana tidak jauh dari Wisata Waduk Sermo dan Kalibiru.

Wisata Waduk Sermo Kulonprogo

Waduk Sermo merupakan Obyek Wisata Populer di Kulonprogo yang pas untuk dikunjungi siapa saja, anak-anak muda maupun keluarga. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di sana. Selain menikmati keindahan alamnya yang benar-benar masih alami, kamu bisa melakukan jogging atau bersepeda karena wilayahnya yang sangat luas.

Wahana menarik seperti perahu wisata yang siap mengantarkan para wisatawan berkeliling menikmati keindahan Waduk Sermo sepuasnya. Biaya sewa perahu cukup murah, yakni Rp 3000 untuk anak-anak dan Rp 5000 untuk dewasa. Selanjutnya kamu akan berkeliling waduk dengan durasi selama kurang lebih 20 menit.

Wisata Bukit Isis

Dinamakan sebagai Bukit Isis karena memang berarti angin sepoi – sepoi dan hawa yang segar. Dari atas Bukit Isis ini kamu akan disuguhkan hamparan hijaunya alam Kulon Progo. Bukit Isis ini menawarkan beberapa spot yang menarik yang cocok bagi kamu yang suka narsis, seperti tebing, taman, rumah pohon dan papan yang menjorok ke tebing.

Tentu saja papan tersebut adalah spot foto yang sangat menarik bagi wisatawan, bagaimana tidak? Papan tersebut menawarkan keindahan yang nyata akan indahnya Perbukitan Kulon Progo dipadukan dengan jajaran Gunung yang menjulang.

Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo

Kebun Teh Nglinggo kulonprogo ini berlokasi di kawasan Desa Wisata Nglinggo yang berada di puncak Pegunungan Menoreh. Sebagai desa wisata, maka Desa Nglinggo telah sejak lama mendapatkan banyak pengunjung, terutama wisatawan asing.

Untuk masuk ke obyek wisata kebun teh, kamu cukup membayar biaya sebesar Rp 3000 saja, termasuk ongkos parkir kendaraan. Sangat murah bukan jika dibandingkan dengan apa yang akan kamu dapatkan di sana? Karena rute yang akan kamu lalui berupa jalan yang menanjak, maka sangat disarankan untuk cek kondisi kendaraan kamu sebelum berangkat.

Air Terjun Mudal Kulonprogo

Obyek Wisata Yang sangat pas kamu kunjungi saat musim penghujan, karena debit airnya dipastikan melimpah berbeda saat musim kemarau yang aliran air terjun ini sangat sedikit. Mengenai biaya masuk ke obyek tersebut, kamu cukup membayar biaya parkir motor Rp 2000 atau parkir mobil Rp 5000, sedangkan tiket masuk sungai mudal masih gratis

Air Terjun Curug Setawing

Mengunjungi Curug Setawing kulon progo tak lengkap rasanya jika kamu tidak mencoba kesegaran airnya. Untuk itu kamu bisa masuk ke sumber mata air di bawah air terjun bersama pengunjung lainya, sekedar mencuci kaki dan tangan, mencuci muka, atau bahkan mandi dengan airnya yang berasal dari sumber air pegunungan yang masih bersih alami.

Mengenai tiket masuk ke curug setawing ini, kamu tak perlu khawatir. Isi kantong kamu tidak bakalan terkuras kok karena biayanya sangat murah. Untuk ongkos parkir kamu cukup membayar Rp 2000, dan biaya tiket masuk secara suka rela.

Demikian sekilas mengenai wisata kalibiru dan bebrapa lokasi tempat lainnya yang dapat sekalian kamu kunjungi , Semoga kamu puas jelajahi spot wisata menarik di kulonprogo yogyakarta dan membuat liburan kamu semakin berkesan.