Hutan Pusuk | Berwisata di Kerajaan Monyet NTB

hutan pusuk

Pulau Lombok merupakan wilayah di Nusa Tenggara Barat yang sangat terkenal dengan kondisi alam yang alami sehingga sering dicari oleh para wisatawan lokal ataupun mancanegara. Salah satu destinasi wisata tersebut adalah hutan pusuk yang berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Hal yang membuat hutan pusuk Lombok Utara menjadi tempat wisata yang unik adalah banyaknya monyet yang mendiami hutan ini, hingga dapat dikatakan sebagai kerajaan monyet. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, anda harus menempuh perjalanan sejauh 17 kilometer dari kota Mataram.

Pusuk berasal dari bahasa sasak yang berarti puncak, sesuai dengan namanya hutan ini terletak di ketinggian 1.000 mdpl. Udaranya sangat segar dan suasana sangat menentramkan, karena terdapat banyak pohon-pohon yang hijau nan rindang. Dari sini kita bisa menikmati pemandangan indah khas hutan tropis Indonesia. Selain itu kita juga bisa melihat panorama hamparan pantai dan garis laut dari kejauhan.

Kondisi Hutan Pusuk masih terjaga dengan baik, sebagai bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang dilindungi. Terdapat berbagai hewan liar yang hidup bebas di hutan ini. Mulai dari beragai jenis unggas, hewan melata atau reptil, serangga dan lain-lain. Diantara berbagai satwa tersebut, yang paling terkenal adalah monyet. Sampai-sampai banyak yang menganggap bahwa di Hutan Pusuk terdapat sebuah kerajaan monyet.

Kerajaan Monyet dan Misterinya

Monyet merupakan mamalia yang termasuk dalam ordo biologi Primates. Seperti primata lainnya, monyet memiliki karakter hidup berkelompok. Mereka saling berkomunikasi dengan suara dan gerakan tubuh. Setiap kelompok memiliki teritorial tertentu dan pimpinan kelompok, sehingga menyerupai sebuah kerajaan.

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) merupakan jenis monyet yang menghuni Hutan Pusuk. Pepohonan yang menjulang tinggi dengan cabang-cabang yang rindang menjadi habitat yang cocok untuk mereka berkembang biak. Selain mencari makan di hutan, kawanan monyet juga kerap meminta makanan kepada para pengunjung yang datang.

Memasuki kawasan Hutan Pusuk para wisatawan akan disambut dengan suara monyet ekor panjang yang saling bersautan. Kemudian akan terlihat kawanan monyet yang bergerombol dan berbaris di sepanjang jalan Hutan Pusuk. Monyet-monyet tersebut cukup jinak dan akrab dengan manusia. Ketika melihat pengunjung yang datang dengan membawa makanan, dapat dipastikan bahwa kerumunan monyet akan menyerbunya. Warga sekitar hutan mengaku bahwa monyet-monyet tersebut sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka.

Karena hidup berkelompok dan memiliki teritori tertentu, maka setiap monyet yang menyalahi batas teritori kelompok lain akan diserang. Sehingga tak jarang kita jumpai beberapa monyet yang saling berkejaran dan berkelahi. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat wajar dalam kehidupan primata satu ini. Mungkin dari fenomena ini banyak yang menganggap bahwa terdapat kerajaan monyet di Hutan Pusuk. Lebih tepatnya kawanan atau kelompok-kelompok monyet.

Demikian ulasan singkat mengenai kerajaan monyet yang berada di Hutan Pusuk Lombok Utara. Bagi kalian yang ingin melihat langsung bagaimana misteri di balik kawanan monyet yang hidup berkelompok layaknya sebuah kerajaan, kalian bisa langsung datang ke kawasan wisata ini. Tidak perlu takut atau khawatir dengan mereka, karena monyet di kawasan hutan ini termasuk jinak dan sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Tunggu apa lagi? Segera datang dan pecahkan misterinya.