Gong Bali Paintball | Permainan Perang yang Seru

gong bali paintball

Permainan perang-perangan menggunakan peluru berwarna yang biasa disebut paintball menjadi wahana bermain yang semakin digemari oleh pemuda di Bali. Setiap tahunnya selalu ada lokasi permainan paintball yang dibuka.Salah satu tempat wisata yang menyediakan permainan perang paintball ini adalah Gong Bali Paintball yang terletak di area gong perdamaian Denpasar.

Gong Bali Paintball menyajikan permainan paintball diatas lahan perang seluas 30 x 60 meter persegi. Untuk bermain, anda hanya diharuskan untuk merogoh kantong sebesar 75.000 rupiah. Sebelum memulai permainan, para pemain akan mendapatkan penjelasan oleh tim Gong Bali Paintball.

Penjelasan itu dimulai dari cara memegang senjata, aturan memakai kelengkapan seragam hingga pelindung kepala, jarak menembak yang baik, hingga aturan permainan.
Kemudian Pemain akan dibagi dalam dua tim. Perbedaan tim terletak pada warna pelindung dada. Satu tim akan memulai permainan dari depan gerbang. Sisanya, dari belakang gerbang. Kedua tim harus saling menyerang dengan menembakkan senjata.

Permainan ini disebut paintball sebab peluru yang dihasilkan merupakan bola-bola kecil seperti kelereng yang akan pecah jika mengenai sasaran. Akibat peluru yang pecah, akan menimbulkan bercak warna pada sasaran. Dari sinilah tim menang dan kalah dapat ditentukan.

Di luar permainan, ada setidaknya dua juri yang akan berkeliling untuk memberikan instruksi permainan dimulai, mengawasi permainan, menentukan pemain yang keluar, atau pemain yang pelurunya habis.

Soal aturan menang dan kalah juga bisa ditentukan di awal permaianan. Biasanya instruktur akan menanyakan persetujuan antar tim sebagai tanda kekalahan dan pemain harus keluar.

Selama permainan, masing-masing tim akan berlindung pada bantal-bantal yang telah disusun sedemikian rupa. Selain bantal pelindung juga ada sebuah bangunan ditengah-tengah arena. Bangunan ini juga bisa jadi tempat berlindung sekaligus tempat seru berperang.

Diky Wibawa, Manager Marketing Gong Bali Paintball menyampaikan paintball selain asyik dan penghilang stress, permainan ini juga melatih kerjasama tim. Ini karena permainan dilakukan bersama-sama.

Menurut Diky kunjungan ke Gong Bali Paintball dalam satu bulan mencapai 50 atau 70 grup, mulai dari kalangan umur 18 tahun sampai 35 tahun. Terdapat sekitar 5.000 pengunjung dengan rentan umur tersebut yang datang bermain ke Gong Bali Paintball setiap tahunnya. Tidak hanya kalangan lokasl, bahkan para turis juga banyak yang bermain walaupun tidak sebanyak masyarakat lokal.

Menurut Diky dengan adanya Paintball di Denpasar, setidaknya membuat kalangan muda Bali punya pilihan alternatif olah raga yang memacu andrenalin.