Wisata Alam Air Terjun Ponot

air terjun ponot
Pesona Pariwisata Toba Samosir tak hanya mengandalkan potensi Danau Toba. Sungai Asahan yang mengalir deras membelah dua kabupaten yakni Asahan dan Toba Samosir (Tobasa) kini sering kali dijadikan sebagai lokasi wisata olahraga rafting atau arung jeram. Bahkan Sungai Asahan sudah begitu dikenal luas oleh rafter dari berbagai negara karena memiliki arus menantang.
Air terjun Ponot yang disinyalir memiliki ketinggian mencapai 250 meter, semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama dari Kota Medan. Ponot memiliki peranan penting bagi masyarakat yang bermukim di dua kabupaten yakni Asahan dan Tobasa, derasnya aliran air digunakan sebagai daya pembangkit listrik tenaga air yang dikenal dengan nama PLTA Asahan lewat Bendungan Asahan.
Untuk menuju Air Terjun Ponot dari Kota Medan, kamu dapat menggunakan transportasi publik. Namun disarankan untuk memakai kendaraan pribadi saja. Dari Medan menuju Tebing Tinggi kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kisaran. Dari kota ini, arahkan perjalanan kamu menuju Simpang Pulau raja dan terus menuju lokasi yakni Dusun Sampuran Siarimo, Desa Tangga, Aek Songsongan.

Tiket dan Fasilitas Wisata Air Terjun Ponot

Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000/orang. Harga ini tidak terlalu mahal dan menguras kantong. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir.

Air Terjun Ponot memang belum dikelola secara maksimal, terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan ringan. Sebab itu pula jauh lebih baik jika kamu membawa bekal. Bila ingin menikmati sensasi segarnya deburan air, di lokasi tersedia beberapa tempat untuk berganti pakaian.
Akan tetapi, bagi yang beragama muslim, belum tersedia ibadah mushalla di tempat wisata ini. Dikarenakan kebanyakan orang yang bertempat tinggal di daerah tersebut adalah non-muslim.
Selain itu kamu dapat menyaksikan keindahan Paritohan yang acap kali dijadikan sebagai tempat persinggahan karena memiliki panorama alam yang menarik. Tidak itu saja, Pemandian Alam Pansur Napitu yang baru-baru ini viral juga layak dikunjungi karena kejernihan dan keasriannya..